Senin, 19 Desember 2016

,

Review Dell Alienware 15 R2

Untuk review Dell Alienware 15 R2 yang kali ini Jaka akan ulas mulai dari harganya. Harganya cukup fantastis, unit barunya dibanderol sebesar Rp 30 juta. Tapi nggak perlu khawatir, dengan harganya yang demikian tinggi, Dell Alienware ini pun dibekali beragam fitur dan spesifikasi tinggi yang didedikasi khusus untuk gaming.

Nah, untuk spesifikasi lengkapnya dapat kamu lihat melalui bagan berikut.

Part

Deskripsi

Prosesor

Core i7 6700HQ @2.60 Ghz Turbo @3.50 Ghz

Kartu Grafis

GTX 970M 3GB GDDR5

RAM

16 GB DDR4 Samsung @2133 Mhz

OS

Windows 10 Home 64 Bit

Storage

M2 SSD 256 GB Samsung NVMe PM951

SATA HDD 1TB HGST @7200RPM

Display

15.6 inci FHD (1920 x 1080) IPS Anti-Glare 220-nits Display

Sound Card

Internal High-Definition 5.1 Performance Audio with Dolby Home Theater v4 by Klipsch, 7.1 Digital Audio Out using HDMI Out Connection

Battery

8-cell Lithium Ion, Charging about 1,5 hours (Standard Charging) Battery up to 7 hours

Network

Killer Wireless-AC N1535 ac/a/g/n 2x2 Dual Band 2.4 and 5 Ghz

Killer E2400 Gigabit Ethernet IPV6

Bluetooth 4.1

Port

1 x Power/DC-in Jack (Support both Fast and Standard Charging, depend on BIOS Setting)

3 x SuperSpeed USB 3.0 Port

1 x Thunderbolt 3 Port (USB Type-C with support for SuperSpeed USB 10Gbps, 40Gbps Thunderbolt, and DisplayPort)

1 x Alienware Graphics Amplifier Port

1 x HDMI (2.0 with NVIDIA) Output

1 x Media Card Reader

1 x Audio Out 3.5mm Jack (Compatible with Inline Mic Headset)

1 x Headphone 3.5mm Jack (Retaskable for Microphone/Line-In Analog Audio Input)

1 x Noble Lock port

Dimension

34.4 mm x 430 mm x 291.9 mm (P x L x T)

Weight

3,11 Kg

1. Desain

Laptop ini cukup besar ukurannya, apalagi beratnya mencapai 3,11 Kg, terus terang bisa membuat sakit pinggang. Tapi mau gimana lagi, ini cukup wajar karena laptop ini merupakan desktop replacement. Hadir dengan balutan warna silver untuk bagian luarnya, ternyata keyboard-nya yang bisa menyala warna-warni. Untuk bagian palm rest, mempergunakan bahan karet ban buatan Bridgestone.
foto-jalantikus-alienware1Foto: Foto dari sisi depanfoto-jalantikus-alienware2Foto: Foto dari sisi atasfoto-jalantikus-alienware3Foto: Foto dari sisi samping

2. CPU

Dell Alienware 15 R2 ini dibekali dengan CPU Core i7 6700HQ, yang merupakan prosesor Intel generasi ke 6 (Skylake). Arti huruf HQ yang ada pada seri CPU sendiri adalah prosesor notebook yang sudah quad core dan memiliki performa iGPU yang baik.
foto-jalantikus-idlecpuokFoto: CPU Idle Clock
Sudah mendukung hyper threading membuatnya mampu melakukan 8 komputansi sekaligus. Base clock yang dimiliki adalah sebesar 2.60 Ghz dan dengan teknologi turbo boost, mampu naik hingga 3.50 Ghz.
foto-jalantikus-maxcpuokFoto: CPU Boost Clock

3. VGA

Dibekali dengan dua buah GPU, satu Intel HD 530 dan satu lagi Nvidia GTX970M.
foto-jalantikus-intelgpuokFoto: GPU-Z dari iGPU
Intel HD 530 sendiri merupakan GPU buatan Intel Generasi ke-9. Memiliki nilai shaders sebesar 24, dan kecepatan core clock hingga 1.050 Mhz. Mempergunakan shared memory dari RAM, dan sudah mendukung API terbaru DirectX 12.
foto-jalantikus-nvidiagpuokFoto: GPU-Z dari dGPU
Nvidia GTX 970M pada laptop ini dibekali dengan VRAM 3 GB GDDR5 dan berjalan pada kecepatan hingga 1.253 Mhz loh. Sementara kecepatan core-nya sendiri adalah sebesar 924 Mhz dan mampu hingga 1.038 Mhz. GPU ini sendiri juga sudah mendukung API terbaru DirectX 12.

4. RAM

Dibekali dengan RAM 16 GB DDR4 buatan Samsung dan mempergunakan konfigurasi dual channel, RAM ini berjalan pada kecepatan 2.133 Mhz. Namun sangat disayangkan, Dell Alienware 15 R2 ini hanya menyediakan dua slot saja untuk RAM, dan semua sudah terpakai oleh RAM bawaan. Hal ini menyebabkan agak sulit untuk melakukan penambahan RAM.
foto-jalantikus-ramokFoto: RAM dari CPU-Z

5. Storage

Laptop ini memiliki dua jenis storage bawaan. Pertama ada SSD yang dibuat oleh Samsung, memiliki kapasitas sebesar 256 GB dan sudah mendukung teknologi NVMe. Kedua ada HDD yang dibuat oleh Hitachi, memiliki kapasitas 1 TB dan memiliki kecepatan hingga 7.200 RPM.
foto-jalantikus-ssdalienwareFoto: Hasil pengujian kecepatan SSD NVMefoto-jalantikus-hddalienwareFoto: Hasil pengujian kecepatan HDD 7200RPM

6. Pengujian

Untuk CPU, Jaka melakukan pengujian sederhana pada laptop ini, yaitu menggunakan CPU-Z. Nah, berikut Jaka lampirkan hasil benchmark pada CPU-nya.
foto-jalantikus-benchmarkcpuFoto: Hasil Benchmark CPU
Terlihat, dibanding versi desktop-nya yang unlocked (seri K), rupanya CPU ini punya kemampuan sekitar 75 persennya. Dengan skor lebih tepatnya 6.520 poin.
Untuk GPU, Jaka juga melakukan pengujian sederhada pada laptop ini, yaitu memakai FurMark. Nah, berikut Jaka lampirkan hasil benchmark pada GPU-nya.
foto-jalantikus-benchmarkgpuFoto: Hasil Benchmark GPU
Pengujian dilakukan dengan menggunakan render pada resolusi 4K dan anti aliasing 8x MSAA. Hasilnya ternyata mendapatkan nilai sebesar 738 poin.
Nah, bagaimana perfoma gamingnya? Jaka akan melakukan tes dengan dua buah game AAA, yaitu Batman Arkham Knight dan Grid Autosport.
foto-jalantikus-settingbatmanFoto: Setting Batman Arkham Knight
foto-jalantikus-resultbatmanFoto: Hasil Performa Batman Arkham Knight
Terlihat pada game Batman Arkham Knight, dengan setting maksimum (texture medium, karena limitasi VRAM), Jaka mendapat nilai rata-rata sebesar 35FPS. Artinya game ini stabil untuk dimainkan (minimum adalah 30FPS).
foto-jalantikus-settinggridFoto: Setting Grid Autosport
foto-jalantikus-resultgridFoto: Hasil Performa Batman Grid Autosport
Pada game Grid Autosport, dengan setting ultra, Jaka juga mendapat nilai sebesar 30FPS.

7. Kesimpulan

Laptop ini memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni untuk memainkan game-game terbaru. Apalagi kalau hanya dipakai untuk perkerjaan kantoran, sudah pasti performa laptop ini jauh lebih dari cukup. Namun perlu dipertimbangkan harganya yang cukup fantastis, ditambah lagi berat laptop ini akan cukup mengganggu mobilitas.
Nah, itu dia review Dell Alienware 15 R2 dari Jaka. Bagaimana pendapat teman-teman mengenai laptop ini? Share di kolom komentar ya!
Sumber : JalanTikus.com

0 komentar:

Posting Komentar